Rabu, 18 Mei 2016

Soal UAS Genap KWU Kelas XI



SMKPersatuanPEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN
DINAS PENDIDIKAN
SMK PERSATUAN MAOSPATI
Jln. Raya Jur. Magetan No. 06, Ds. Sugihwaras, Kec. Maospati – Magetan
Telp. 0351 868092 Kode Pos. 63392


 
ULANGAN SEMESTER GENAP / ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
LEMBAR SOAL

SEKOLAH                     : SMK PERSATUAN MAOSPATI
MATA PELAJARAN       : Kewirausahaan ( KWU)
KELAS                          : XI ( Sebelas )
HARI                             :
WAKTU                         : 90 Menit

PETUJUK MENGERJAKAN SOAL !
1.     Tulislah nama dan nomor ulangan anda pada lembar jawaban yang tersedia.
2.     Periksa dan baca terlebih dahulu soal-soal dengan teliti, apakah soal sudah benar dan lengkap.
3.     Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah.
4.     Periksa dan teliti lagi sebelum diserahkan pada pengawas.
 

A.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
1.     Penjual mempengaruhi orang supaya merasa mau membeli barang yang ditawarkan dengan cara …
a.     memberi cuma-cuma           .          
b.    solusi menang kalah                       
c.     menjatuhkan barang pesaing
d.    paksaan
e.     saling menguntungkan
2.     Berikut yang merupakan objek ilmu menjual adalah …
a.     barang dan jasa yang dijual
b.    penjual dan barang atau jasa yang dijual      
c.     barang dan jasa yang dijual
d.    pembeli
e.     pelanggan
3.     Keberatan pembeli bagi penjual dipandang sebagai …
a.     barometer usaha               
b.    kritik yang membangun       
c.     hambatan usaha
d.    ancaman usaha
e.     hal yang wajar        
4.     Maksud dan tujuan ilmu menjual adalah …
a.     menarik perhatian pelanggan           
b.    memuaskan penjual
c.     menjual kepandaian barang atau jasa kepada penjual
d.    memuaskan pelanggan
e.     mencari laba sebanyak-banyaknya
5.     Dibawah ini merupakan kunci meraih kesuksesan bagi seorang sales person dalam sebuah perusahaan adalah …
a.     memiliki kegigihan dalam menjual produk
b.    memahami dengan baik produk dan pelanggan
c.     memahami ilmu penjualan dengan baik
d.    memilki keuletan dalam menawarkan produk
e.     memiliki ketekunan dalam bernegosiasi
6.     Dibawah ini yang merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penetapan harga adalah …
a.     waktu yang dibutuhkan
b.    banyaknya karyawan
c.     modal yang dikeluarkan
d.    kemungkinan kegagalan menawarkan produk
e.     posisi produk di pasar

7.     Yang menjadi biaya utama dalam penentuan harga produk adalah …
a.     biaya administrasi kantor
b.    biaya pengiriman bahan
c.     biaya bahan baku dan suplay
d.    biaya alat tulis dan kantor
e.     biaya gaji karyawan
8.     Kegiatan memperkenalkan barang untuk meningkatkan penjualan dinamakan dengan …
a.     distribusi
b.    promosi
c.     pelayanan
d.    penjualan
e.     pembelian
9.        Yang merupakan ujung tombak perusahaan dan akan menjaga peputaran roda kehidupan perusahaan adalah …
a.     pengusaha
b.    direktur
c.     manajer produksi
d.    tenaga penjual
e.     para buruh
10.  Dibawah ini yang merupakan alsan perusahaan tidak mendistribusikan produknya sendiri secara langsung ke produsen adalah …
a.     menghemat gaji pegawai
b.    meningkatkan penghasilan perusahaan karena menghemat biaya
c.     menetapkan harga pokok
d.    penghematan biaya dan waktu
e.     memilki kemampuan komunikasi
11.  Penyaluran barang yang disampaikan produsen ke tangan konsumen melalui lembaga-lembaga penyalur dinamakan …
a.     penyaluran tidak langsung
b.    penyaluran langsung
c.     penyaluran semi langsung
d.    penyaluran secara selektif
e.     penyaluran secara objektif
12.  Berikut ini yang bukan alasan perusahaan menggunakan jaringan distribusi adalah …
a.     Adanya kebutuhan yang harus dipenuhi
b.    Pengehematan biaya dan waktu
c.     Konsentrasi pada produksi
d.    Persaingan yang semakin ketat
e.     Jarak jauh antara produsen dan konsumen
13.  Kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen dinamakan…
a.     konsumsi
b.    distribusi
c.     produksi
d.    promosi
e.     ekspansi
14.  Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang …
a.     Ramah tamah
b.    Memuaskan pelanggan
c.     Murah senyum
d.    Sopan santun
e.     Cepat dan tepat
15.  Profesi menjual banyak berhubungan dengan karakter konsumen yang berbeda-beda setiap hari, maka setidaknya penjual harus mengenal tentang …
a.     Modal
b.    Ilmu alam
c.     Psikologi
d.    Bisnis
e.     Pengalaman dagang




16.  Agar pelanggan dirinya merasa dihargai sebagai orang yang paling penting, seorang penjual harus …
a.     Sombong
b.    Bersikap hormat, ramah tamah dan sopan santun
c.     Acuh tak acuh
d.    Selalu mengajak berbicara para pelanggan
e.     Mendorong pelanggan supaya terjadi pembelian
17.  Modal yang selalu tetap besarnya dalam badan usaha dinamakan …
a.     modal variable
b.    modal tetap
c.     modal kontan
d.    modal lancer
e.     modal barang
18.  Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam mendapatkan kredit investasi adalah …
a.     tidak memiliki agunan
b.    usaha baru dirintis
c.     mengajukan proposal
d.    belum memilki SIUP
e.     usaha belum mendapatkan keuntungan
19.  Kemampuan badan usaha untuk membayar hutang-hutang yang telah jatuh tempo dinamakan dengan …
a.     akuntabilitas
b.    profitabilitas
c.     likuiditas
d.    solvabilitas
e.     kapasitas
20.  Rencana anggaran biaya disusun berdasarkan uraian pekerjaan yang telah dibuat dalam …
a.      visi perusahaan
b.      misi perusahaan
c.      tujuan perusahaan
d.      rks (rencana kerja syarat)
e.      keputusan direksi
21.  Siswa SMK Persatuan Maospati mendirikan sebuah usaha konveksi dengan nama “UNION STYLE”. Pendapatan adalah Rp. 5.000.000,00. Biaya biaya yang dikeluarkan adalah sebagai berikut :
a.     biaya listrik             rp.    100.000,00
b.    biaya taransportasi  rp.    100.000,00
c.     biaya bahan utama  rp.    500.000,00
d.    biaya tenaga kerja   rp. 1.000.000,00
Dari data diatas laba yang diperoleh perusahaan adalah …
a.     Rp.3.300.000,00
b.    Rp.2.300.000,00
c.     Rp.3.200.000,00
d.    Rp.3.000.000,00
e.     Rp.300.000,00
22.  Tanah, gedung, mesin dan perkakas tergolong ke dalam modal …
a.     lancar
b.    barang
c.     yang dipaki
d.    konstan
e.     tetap
23.  Laba suatu perusahaan diperoleh ketika …
a.     TR < TC
b.    TR = TC
c.     TC < TR
d.    TR > TC
e.     P - AC
24.  Seorang penjual menerima uang sebesar Rp.1000.000,00 pada tahun yang akan datang. Dan Rp.2000.000,00 pada dua tahun yang akan datang jika tingkat suku bunga 18% maka besar present-valuenya adalah …
-         Rp.2.283.825,00
-         Rp.2.245.450,00
-         Rp.2.225.500,00
-         Rp.2.250.450,00
-         Rp.2.650.450,00
25.  Dari nomor 24 diatas. Jika PV yang diterima seharusnya Rp.3.000.000,00. Maka berapakah nilai PV dibandingkan dengandengan nilai mata uang …
a.     23,34%
b.    34,23%
c.     25,50%
d.    76,12%
e.     75,54%
26.  Digunakan sebagai pedoman untuk penyusunan program kegiatan perusahaan merupakan salah satu peranan ..
a.     Petunjuk
b.    Alat kordinasi
c.     Pedoman perencanaan
d.    Alat pengendali
e.     Pedoman
27.  Langkah awal yang harus dilakukan seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya adalah …
a.     Memproduksi barang
b.    Mempromosikan barang
c.     Mengajukan kredit pada lembaga keuangan
d.    Menyusun proposal usaha
e.     Pembelian alat-alat yang dibutuhkan
28.  Dibawah ini yang termasuk dalam penyusunan proposal usaha, kecuali
a.     Komitmen
b.    Kontinuitas
c.     Batasan waktu
d.    Tujuan yang realistis
e.     Fleksibilitas
29.  Yang dimksud dengan strtegi adalah …
a.     Arah tindakan untuk mencapai sasaran
b.    Apa yang ingin dicapai perusahaan
c.     Cakupan isi proposal
d.    Tujuan usaha untuk masa yang akan datang
e.     Pengertian atau gambaran usaha
30.     Hal hal yang berkaitan dengan perencanaan usaha dicantummkan dalam dokumen tertulis yang rinci disebut …
a.     Proposal usaha
b.    Perencanaan usaha
c.     Analisis usaha
d.    Dokumen usaha
e.     Tujuan usaha

B.    Jawablah pertanyan-pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.     Seorang tenga marketing haruslah orang yang memilki danmenguasai ilmu menejual. Jelaskan pengertian dari ilmu menjual …
2.     Dalam kegitan memperkenalkan suatu produk selalu tidak bias lepas dari kegiatan promosi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan promosi …
3.     Salah satu factor utama dalam mendirikan usah adalah modal. Apa pengertian dari modal …
4.     Jelaskan pengertia dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) …
5.     Sebutkan fungsi-fungsi dari Anggaran biaya usaha dalam rangka investasi pada perusahaan adalah …
6.     Jelaskan yang dimaksud dengan proposal usaha …
7.     Bagi seorang wirausahawan proposal usaha merupakan suatu yang sangat penting karena …
8.     Sebutkan manfaat dari pembuatan proposal usaha …
9.     Didalam sebuah penyusunan proposal usaha harus mencantumkan informasi-informasi yang antara lain terdiri dari …
10.  Jelaskan sistematika penyusunan proposal usaha …


<<<< SELAMAT MENGERJAKAN >>>>




Kunci jawaban !
A.    Pilihan Ganda

1.
A
6.
C
11.
A
16.
B
21.
A
26.
C
2.
B
7.
C
12.
A
17.
B
22.
E
27.
D
3.
B
8.
B
13.
B
18.
C
23.
D
28.
B
4.
C
9.
D
14.
B
19.
C
24.
A
29.
A
5.
D
10.
D
15.
C
20.
D
25.
D
30.
A

B.    Esay
1.      Ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling memnguntungkan.
2.      Promosi adalah kegiatan untuk memberitahukan,membujuk, dan mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang kita jual.
3.      Modal adalah sejumlah uang yang dapat dipergunkan untuk kegiatan pengelolaan usaha
4.      Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah banyaknya biaya yang dibutuhkan baik upah maupun bahan dalam sebuah pekerjaan proyek kontruksi seperti membangun gedung.
5.      fungsi-fungsi dari Anggaran biaya usaha dalam rangka investasi pada perusahaan adalah ;
-      untuk membiayai ongkos pendirian usaha atau bisnisnya
-      untuk memberikan kredit jangka panjang
-      untuk mempertahankan likuiditas usaha atau bisnis
6.      proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsure relevan, baik internal maupun eksternal mengenai usaha atau proyek baru.
7.      proposal usaha merupakan suatu yang sangat penting karena ;
-      menyatakan pernyataan calon wirausaha sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha
-      mengundang orang-orang tertentu yang potensial untuk bergabung dan bekerja sama
-      mengatur pembentukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan
-      bertujuan untuk menjaminadanya focus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan
-      berguna untuk melakukan merger dengan perusahaan lain
8.      manfat proposal usaha adalah :
-      membatu wirausahawan berpikir praktisdan objektif tentang usaha yang akan dijaminkan
-      membantu wirausahawan dalam bersaing karena melalui proposal udah di analisis secara cermat tingkat keberhasilan
-      membantu wirausahawan untuk mengomunikasikangagasan usahanya kepada pihak lain
-      membantu wirausah untuk mengmbangkan dan menguji strteg serta hasil yang diharapkan
-      dapat digunakan untuk membandingkan antar perkiraan dengan hasil yang nyata
9.     proposal usaha harus mencantumkan informasi-informasi yang antara lain terdiri dari ;
-      uraian usaha
-      produk
-      lokasi
-      pasar
-      persaingan
-      laporan keuangan
-      manajemen
-      personalia (Sumber Daya Manusia)
-      proposal kredit
-      lampiran lainya (akta pendirian,SIUP,sertifikat tanah, dsb…)
10.    sistematika penyusunan proposal usaha
1.   Pendahuluan
2.   Rangkungan ekesekutif
3.   Analisa industry
4.   Deskripisi usaha
5.   Rencana produksi
6.   Rencana pemasaran
7.   Perencanaan organisasi
8.   Risiko
9.   Perencanaan permodalan
10. Apendiks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar